Kamis, 11 Oktober 2012

Purbalingga

Purbalingga,  Sabtu-Minggu, 8-9 Agustus 2009
 
Sebenarnya keinginan tuk ke Owabong sudah lama sekali, hanya setiap kali akan terealisir ada saja kendalanya, sampai akhirnya Alhamdulillah bisa berangkat pula hari ini…
Mengingat jarak  dari Jogja ke Purbalingga lumayan jauh maka kami putuskan untuk menginap disana. Ber hubung tidak tahu medan Purbalingga dan yang paling singkat tempat penginapan yang mudah dicari lewat internet dan dekat dengan tempat yang dituju yaitu Owabong walhasil penginapan yang disasar adalah cottage Owabong. Namun ternyata pada saat aku hubungi via telp, hasilnya Full Booked!!!! Padahal harga kamarnya lumayan mahal lho.. Rp. 440.000 net/nite..  Akhirnya searching internetlah yang ku lakukan untuk mencari penginapa lain di kota tersebut serta untuk mengetahui berapa jaraknya dari Owabong. Tapi belom booking… aku putuskan go show ae lah…
Lama perjalanan dari Jogja ke Purbalingga +/- 4.5 jam. Itu aza kami sempat mengambil jalan pintas lewat waduk Sempor.  Jadi ingat… dulu sewaktu kecil pernah diajak ortu wisata ke Waduk Sempor ini. Pemandangan waduk Sempor masih alami, cantik… hanya saying tidak terawat. Sebagaimana layaknya jalan alternative, jalan yang kali ini ditempuh pun berkelok-kelok dan naik turun… mana sudah menjelang maghrib pula, dampaknya dari jalan yang berliku, Ega jadi muntah.  Sampai di kota Purbalingga jam ½ 7 malam. 
Sambil menunggu suami cari obat, aku sempatkan ngobrol ma tukang parker yang ada disitu, aku tanya bagiaman hotel ini, bagaimana hotel itu.. jauh tidak dari posisi kami sekarang, bagaimana jaraknya jika ke Owabong. Pokoknya dah kaya wartawan dah… yang penting aku mendapatkan info yang aku butuhkan dan akurat. Akhirnya aku tanya ke dia, hotel yang paling bagus di kota Purbalingga apa.. ?? (hmm to the point banget ya.. qeqeqe..) Dia jawab namanya Belik Kembar…. Sebelum kami ke Belik Kembar, kami coba tengok hotel yang ada di pusat kota tersebut, hotelnya lumayan besar, berada dipusat kota. Sebelum booking kami lihat dulu kamar yang terbagus di hotel tersebut.. dan ternyata…. walaw…
Akhirnya aku minta coba tengok yang Belik Kembar, jika kondisinya gak beda or lebih jelek, bisa balik chan…  Sempat ragu sich waktu hampir sampai ke Belik Kembar.. habis, lokasinya agak masuk ke gang dan jalannya belum diaspal pula.. hmm… coba tengok dulu lah.. ternyata kamar yang tersisa tinggal yang VIP dengan rate 280.000 net per nite…  setelah tengok … ok lah… kamar ini lebih bagus dari hotel sebelumnya.. Kalo liat foto di dinding hotel, yang pernah nempati kamar itu ternyata banyak tokoh2x penting lho, seperti isteri gus Dur, ustad Jeffri, trus konsul Jerman… banyak d…
OWABONG
Pagi setelah sarapan.. (tanpa mandi… hehehe..) berangkatlah kami ke Owabong. Lokasi Owabong dengan hotel +/- 5 menit.  Sampai di Owabong jam 9.30. Dan ternyata…. pengunjungnya dah bejibun bo..’ tempat parkir penuh…. Dan jika dilihat plat nomornya kebanyakan berasal dari luar Purbalingga.  Tiket masuk yang di bandrol lumayan murah Rp. 20.000,- per orang. Wahana permainan air yang disajikan pun berbagai macam. Dari kolam bebas tsunami, ember tumpah, etc. Airnya jernih dan bersih. Ini pertama kalinya pula Ega memiliki pengalaman berenang. Ternyata, Ega sanagt menikmatinya dan tidak takut. Dia telah membuktikan darah keluarga ini mengalir kepadanya. Darah pelaut yang sangat dekat denan air.
Selain permainan air, ada juga berbagai mainan yang menarik, ada ATV, Go Kart, Flying Fox, etc. Namun untuk permainan tambahan ini pengunjung dikenakan tarif tambahan.  Paling berat.. ATV.. ternyata gak semudah yang ada di TV or dibayangin.. hmm.. next time must be better.
Semua tiket diatas bisa kita pesan melalui internet, dan dapat diskon sebesar 10% jadi lebih murah jika kita beli secara langsung. (jadi kaya promosi owabong ya..)
Memang sich tarif yang di patok murah, tapi kalo dihitung dengan seluruh biaya dan perjalanan, jadi mahal juga.. J
Sekilas tentang Owabong
Owabong merupakan kependekan dari Objek Wisata Bojongsari. Pada awalnya, objek wisata ini adalah pemandian umum (kolam renang) yang berada di desa Bojongsari. Adapun mata air yang mendukung adalah dari sujgai Cidandang, Cipawon, dan Cikupel. Sekarang, Owabong menjadi tujuan wisata terbesar di Jawa Tengah.

REPTIL PARK FUN DAN MUSEUM UANG
Dari Owabong, kami menuju ke Reptil Park Fun dan Museum Uang. Jarak dari Owabong adalah +/- 7 menit dengan menggunakan mobil. Tiket masuk yang di bandrol adalah Rp. 7.000,- per orang, namun jika kita membawa potongan diskon yang dapat diambil di pintu keluar Owabong maka kita akan mendapat potongan sebesar 20% lumayan chan. Sudah murah masih dapat diskon pula.
Reptil Park
Disini kita bisa melihat sekitar +/- 155 species reptile baik dari dalam maupun luar negeri. Berbagai macam ular, tokek, cicak, ada disini. Agak ngeri juga sich melihatnya. Selain itu, meski namanya reptile Park, disini ada pula koleksi berbagai macam kumbang… cantik2x, merke membuat pula peta Indonesia menggunakan kupu2x.. hmm kasian ya kupunya…  Begitu masuk, kita akan langsung melihat kotak-kotak yang berisi ulanr-ular dan kemudia ada kotak-kotak untuk macam-macam tokek, buaya ada pula disini lho…
Museum Uang
 
Namanya saja museum uang, jadi ditempat ini kita bisa melihat berbagai koleksi uang dari dalam dan luar negeri, disini ada pula mesin-mesin kasir tua, danperangko di Indonesia.
Secara keseluruhan baik museum uang dan reptile park menarik tuk dikunjungi, selain tiket masuknya juga murah tentunya….

1 komentar: