Minggu, 14 Oktober 2012

Banjarmasin Trip

Banjarmasin, 16-18 October 2010

Pasar Terapung


Pagi-pagi jam 04.00 waktu setempat aku sudah bangun (FYI, waktu di Banjarmasin adalah 1 jam lebih cepat daripada di Jawa). Pagi ini aku buru-buru bangun karena aku sangat ingin ke pasar terapung. Namun teman yang tadinya berjanji akan menemani aku ke pasar terapung tiba-tiba membatalkan janjinya karena kelelahan setelah seharian mengikuti meeting. Sutralah... dengan sedikit nekat kupaksakan diri tuk berangkat. Ada sedikit kekhawatiran mengingat bahwa gw perempuan di kota yang sangat asing bagi gw, ditengah dini hari, tanpa menggunakan kendaraan pribadi pula atau sopir yang bisa kupercaya. Bismillah aku meminta pihak hotel untuk mencarikan aku taxi. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya taxi yang akna mengantarku ke pasar terapung datang juga. Jalanan masih sangat sepi waktu itu, 15 menit

 perjalanan dari hotel, akhirnya aku sampai juga ke dermaga pasar terapung. Setelah membayar ongkos taxi Rp. 25.000,- aku berjalan ke dermaga yang dan mencari perahu boat atau tokang yang dapat membawaku ke pasar terapung. Agak terkejut aku saat menanyakan berapa tarif yang dia kenakan yaitu Rp. 150.000,-. Tarif tersebut bagiku lumayan mahal. Jadi aku memutuskan untuk mencari teman seperjalanan naik perahu sehingga tarif tersebut bisa kami bagi, dan otomatis sedikit meringankan beban kantongku. Akhirnya aku mendapat teman seperjalanan sepasang pengantin baru. Karena bertiga sehingga aku cukup membayar Rp. 

50.000,- Setelah 15 menit perjalanan naik boat sampailah kami di pasar terapung, sepanjang perjalanan terlihat kehidupan masyarakat disepanjang sungai Barito. Sungai itu adalah central kehidupan mereka, dari mulai untuk kehidupan sehari-hari (MCK) sampai dengan perdagangan. Cara berdagang mereka adalah menggunakan perahu.Sistem barter pun masih berlaku di tempat ini. Aku termasuk beruntung bisa menikmati fajar dari Sungai Barito. Aku sempat mencicipi sarapan diatas perahu. Menu yang aku pilih adalah lontong sate dan secangkir teh panas. Soal higenitas... wassalam. Gak usah dipikirkan, karena jika itu kalian pikirkan maka tidak akan tertelan makanan tersebut.

Pulau Bunga

Setelah selesai menikmati sarapan, perahu lanjut ke pulau bunga. Disebut pulau bunga karena dipulau yang ada ditengah sungai Barito ini, banyak ditumbuhi bunga. Namun bukan itu yang ditonjolkan ditempat ini, melainkan banyaknya kera yang ada disini. Jika di Bali ada Ubud (monkey forest). Sayang tempat ini tidak terawat dan kotor. Sampah ada dimana-mana terutama berasal dari bungkus kacang yang digunakan pengunjung untuk memberi makan kera-kera tersebut.

Masjid Sultan Suriansyah

Dari pulau bunga aku kembali kedermaga, sesampai di dermaga, aku telphone semua taxi yang ada di Banjarmasin untuk jemputan, tetapi semua taxi tidak ada yang didekat lokasiku. Sedihnya.. terdampar dech judulnya. Dan sambil masih berusaha telphone taxi-taxi tersebut, aku masuk ke masjid yang berada di depan dermaga yaitu masji Suriansyah. Masjid tersebut sudah berusia +/- 500 th. Dengan di pandu takmir masjid yang ada disitu, aku berkeliling masjid. Sejuk sekali masjidnya. Setelah puas keliling masjid. Aku mencoba mencari alternatif lain agar bisa tepat waktu sampai ke hotel. Akhirnya, atas kebaikan takmir masjid tersebut aku diantar oleh Beliau naik sepeda motor. Apesnya lagi, meski aku dah bawa name card hotel, aku masih juga tidak tahu dimana lokasi hotel.Maklum lokasi penginapan ada didalam perumahan warga, sehingga membuat sulit bagi kami untuk menemukannya. Dan membutuhkan waktu hampir 1 jam hingga akhirnya kami sampai di hotel.

Amartapura

Esok harinya, Selesai acara, kami langsung menuju Amartapura. Amartapura berjarak 1 jam dari Banjarmasin. Di Amartapura ini bisa kita temui berbagai macam perhiasan dari berbagai jenis batu. Dari mulai berlian sampai dengan batu jenis mata kucing. Ada satu toko yang terkenal dan recommended yaitu toko Kalimantan (koq jadi kaya promosi gratis buat tokonya ya..). Disini aku membeli 1 pasang anting2x dan 1 buah cincin. Sayang waktu sangat sempit, dan kami sudah kesorean waktu kesana sehingga tidak cukup banyak waktu buat ngubek2x pasar tersebut.

Pantai Jodoh

Tadinya aku berpikir, bahwa tempat tersebut adalah benar2x pantai sebagaimana lazimnya yang selama ini aku ketahui ternyata aku salah total. Yang dimaksud disini adalah sungai Amarta yang membelah kota Banjarmasin.. dan mengapa disebut pantai jodoh, karena di tempat ini banyak anak-anak muda berpacaran. Hehehe.. Setelah dari pantai jodoh, kami menuju Mall yang ada di Banjarmasin tuk menghabiskan waktu sebelum aku menuju bandara tuk kembali ke Jogja. Alamak.. mahal2x teuing barang2x di Mall ini.
Sayangnya, perjalananku diakhiri dengan tidak manis karena pesawat Mandala yang menuju Jogja dibatalkan, sementara penumpang lain teriak2x, aku langsung ngacir cari penerbangan lain gimana bisa kembali ke Jogja hari itu juga. Setelah melalui perjuangan yang panjang dan spot jantung, akhirnya sampai juga aku diJogja.


Comments From Friends

jasmine2008 wrote on Nov 21, '10
kerja sambil jalan - jalan mbak.. ato jalan - jalan sambil kerja hehehhe.. masih di partnership mbak..? jadi tertarik ke banjarmasin neh...
ceritavidy wrote on Nov 28, '10
Enak beneeeeeeeeeeeeeeeer jalan-jalan terus. Jadi inget jalan-jalan sendiri di Palangkaraya. Nekat abis. heheh. Jadi kangen jalan-jalan nekat di sela-sela waktu luang bekerja di luar kota. miss it much...
Ada proyek di Banjarmasin ya mbak?
jasmine2008 wrote on Nov 21, '10
kerja sambil jalan - jalan mbak.. ato jalan - jalan sambil kerja hehehhe.. masih di partnership mbak..? jadi tertarik ke banjarmasin neh...
 
ceritavidy wrote on Nov 28, '10
Enak beneeeeeeeeeeeeeeeer jalan-jalan terus. Jadi inget jalan-jalan sendiri di Palangkaraya. Nekat abis. heheh. Jadi kangen jalan-jalan nekat di sela-sela waktu luang bekerja di luar kota. miss it much...
Ada proyek di Banjarmasin ya mbak?
 
jasmine2008 wrote on Nov 21, '10
kerja sambil jalan - jalan mbak.. ato jalan - jalan sambil kerja hehehhe.. masih di partnership mbak..? jadi tertarik ke banjarmasin neh...
ceritavidy wrote on Nov 28, '10
Enak beneeeeeeeeeeeeeeeer jalan-jalan terus. Jadi inget jalan-jalan sendiri di Palangkaraya. Nekat abis. heheh. Jadi kangen jalan-jalan nekat di sela-sela waktu luang bekerja di luar kota. miss it much...
Ada proyek di Banjarmasin ya mbak?
jasmine2008 wrote on Nov 21, '10
kerja sambil jalan - jalan mbak.. ato jalan - jalan sambil kerja hehehhe.. masih di partnership mbak..? jadi tertarik ke banjarmasin neh...
ceritavidy wrote on Nov 28, '10
Enak beneeeeeeeeeeeeeeeer jalan-jalan terus. Jadi inget jalan-jalan sendiri di Palangkaraya. Nekat abis. heheh. Jadi kangen jalan-jalan nekat di sela-sela waktu luang bekerja di luar kota. miss it much...
Ada proyek di Banjarmasin ya mbak?
jasmine2008 wrote on Nov 21, '10
kerja sambil jalan - jalan mbak.. ato jalan - jalan sambil kerja hehehhe.. masih di partnership mbak..? jadi tertarik ke banjarmasin neh...
ceritavidy wrote on Nov 28, '10
Enak beneeeeeeeeeeeeeeeer jalan-jalan terus. Jadi inget jalan-jalan sendiri di Palangkaraya. Nekat abis. heheh. Jadi kangen jalan-jalan nekat di sela-sela waktu luang bekerja di luar kota. miss it much...
Ada proyek di Banjarmasin ya mbak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar